4ditya92's Weblog

Just another WordPress.com weblog

Episode => Ciri-Ciri manusia beruntung

Posted by 4ditya92 on 12/06/2009


*Tambah usia , berkurang ambisi keduniawiannya.
Bertambanya usia menjadikan sadar dan paham bahwa ia akan segera mengakhiri masa baktinya didunia. Ketika rambut sudah mulai beruban, kulit keriput gigi mulai rontok, pendengaran dan pengelihatan sudah mulai berkurang itu merupakan pertanda bahwa hidupnya sudah tidak lama lagi.Saat ia sibuk denga urusan duia , maka tua-tuanya ia sibuk menyiapkan diri menuju akhirat. Ia sadar betul firman Allah, “dan akhirat itu lebih baik dan lebih kekal” (Al A”laa:17). Dan juga firman-Nya, “Dan sesungguhnya hari kemudian itu lebih baik bagimu dari pada sekarang(permulaan)”. (Adh-Dhuha:4).

*Tambah Harta, Tambah dermawan.
Adanya harta tidak justru membuat ia kikir, ia sangat dermawan. Karena ia sadar bahwa harta itu pembaerian dan titipan Allah. Ia tidak bermegah-megahan dan tidak menghalalkan segala cara untuk menambah dan menumpuk harta. Terhadap orang-orang yang lalai ia mengambil hikmah atau pelajaran. Ia tidak mau terjerumus dalam lubang yang sama, sebagaimana Qorun, Tsa’labah, Hamman, Fir’aun, Abu jahal terperosok dalam lubang dunia.
Bahkan dalam kondisi sulit pun dia tetap dermawan,ia selaluingat firman Allah, “Orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) Orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan”. (Ali Imron:134)

*Tambah kedudukan, tambah dekat dengan manusia.
Ketika mendapat kedudukan tertentu dikalangan manusia, ia tidak gelap mata, tidak congkak dan sombong. Tidak pula memperlakukan orang lain seperti budak, ia justru semakin dekat dan sayang kepada manusia lain. Kedudukan dan jabatan yang ia sandang tidak menjadikanya menggunakan “aji mumpung” sehingga digunakan untuk “kedholiman”.
Ia jauhi betul sikap menindas aniaya, karena ia sadar betul bahwa semua membawa nikmat yang kini ia peroleh akan dimintai keterangan atau pertanggung jawaban oleh Allah. Allah berfirman “Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, pengelihatan, dah hati, semua itu akan diminai pertanggung jawaban”. (Al Isro:36)
Semoga Allah mengkaruniakan kepada kita lima tambahan nikmat tersebut. Dan kitapun bersikap bijak seperti penjelasan diatas. Amin…..

Berbuat karena Allah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: