4ditya92's Weblog

Just another WordPress.com weblog

3 Sumber kesalahan

Posted by 4ditya92 on 15/05/2009


ibnu Qoyyim (murid kesayangan Ibnu Tamiyyah) pernah berkata, “Akar dari kesalahan itu ada 3.

Pertama    : Kesombongan    => itu yang menyebakan Iblis mengalami apa yang ia alami,
Kedua    : Keserkahan    => itu yang menyebabkan Adam keluar dari surga,
Ketiga    : Kedengkian    => dan ini yang menjadikan salah satu anak Adam membunuh saudaranya.


Maka barang siapa berlindung dari keburukan 3 akar kesalahan tersbut, sesungguhnya ia telah melindungi dirinya dengan sebenar-benarnya. Karena kekafiran bersumber dari kesombongan. Karena kemaksiatan itu sumber dari kemaksiatan, sedangkan kezhaliman itu sumbernya kedengkian. “(Ibnu Qoyyim).
Sungguh tepat apa yang beliau katakan, tiga hal itulah yang membuat kehidupan di bumi sekarang ini tidak damai. Lihatlah orang-orang yang Allah takdirkan memegang kekuasan! mereka tega membunuh ribuan dan bahkan jutaan manusia karena ia merasa lebih baik, lebih benar, lebih bermoral dan beradab. Padaha jika dilihat itu hanyalah persaan mereka bukan dari persaan orang lain, bukan yang sebenarnya.Seolah-olah bumi ini diciptakan untuk mereka saja, tidak untuk orang lain. Kalau toh ada yang lain maka harus tunduk dan patuh dengan aturanyang mereka buat, meskipun aturan tersebut tidak dibuat untuk orang lain dan lebih berperikemanusiaan atau lebih gampangnya aturan dibuat tanpa aturan.
Lihatlah orang-orang yang di takdirkan Allah memiliki harta yang lebih banyak daripada manusia yang lainya. Mereka kini mengantri untuk pindah rumah menuju “RUTAN”, sebab mereka terjerumus salam keserkahan. Mereka korupsi bukan karena tidak adanya makanan yang dapat dimakan sehari-hari, dan bukanya tidak punya rumah untuk ditinggali atau tiadanya pakaian untuk dikenakan. Mereka mencuri uang rakyat (Korupsi) sebab ingin memiliki lebih banyak. Mereka mempunyai cadangan satu tahun, namun mereka tidak puas. Mereka ingin cadangan itu tersedia hinggan anak cucu bahkan untuk anak cicit mereka. Dan mereka tidak tahu bahwa setiap jiwa yang dihidupkan oleh Allah telah disiapkan rizkinya masing-masing, sayangnya mereka seolah-olah tidak percaya kepada Allah.
Sesungguhnya 3 karakter itu adalah iblis (syaithon). Karena itu jangan sekali-kali kita mengikutinya. Karena Allah telah mengingatkan kita, “…janganlah kalian mengikuti langkah-langkah syaithon. sesungguhnya ia adalah musuh yang nyata bagimu”. (Al Baqoro: 208). Allahua’lam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: