4ditya92's Weblog

Just another WordPress.com weblog

Akibat Dari Penebangan Hutan

Posted by 4ditya92 on 15/03/2009


Dunia hadapi krisis air bersih pada tahun 2025 itu pum akibat kerusakan lingkungan yang sangat amat berat. Kerusakan ini bisa di sebabkan dari berbagai media misalkan, kerusakan hutan, pencemaran udara efek rumah kaca dan masih banyak lagi. Dan seperti yang di beritakan oleh ahli konservasi dunia memperkirakan 2 dari 3 penduduk dunia akan kesulitan mendapatkan air bersih pada tahun 2025. Jangankan pada tahun 2025 pada tahun-tahun lalu indonesia telah mengalami kekeringan yang terjadi pada saat musim kemarau tiba, dan ini di sebabkan tidak adanya pepohonan yang mengikat air tanah pada daerah tertentu.  ge_1Sebab itu, sebanyak 25.000 ahli konservasi akan berkumpul di Istanbul, Turki untuk membicarakan masalah kelangkaan air bersih tersebut dalam waktu dekat. Pertemuan ini di gagas oleh IUCN (International Union for Conservation of Nature), yang mencoba untuk menyumbangkan pikiran dan gagasan untuk mendorong agar semua negara menerapkan kebijakan yang tepat untuk permasalahan air tersebut.
Memang perubahan iklim yang sangatlah drastis dan permasalah krisis air jelas menjadi pokok pembicaraan atau pembahasan utama dalam pertemuan ini dan mendatang, selain bencana seperti badai. Sebelumnya, seorang prosesor dari singapura Wong Poh Poh juga telah mengungkapkan bahwa pada tahun 2025 setengah dari jumlah penduduk dunia akan kesulitan mencari air bersih. Hal ini disebabkan pengaruh iklim global yang berubah secara drastis, yang mengakibatkan dunia kekurangan stok dan sementara distrtibusi penghijauan kurang lancar.
Menurutnya di Asia bencana itu akan sangat mengerikan. Distribusi air menjadi tidak merata dan beberapa wilayah akan sangat sulit mengakses air bersih, terutama India dan China. Tingginya jumlah penduduk juga mendorong kedua negara itu kesulitan sumber air bersih. Jika di Indonesia saat menghadapi kekeringan ide kreatifnya langsung memanfaatkan air sungai, itulah INDONESIA.

Dikutip dari berbagai sumber

About these ads

2 Responses to “Akibat Dari Penebangan Hutan”

  1. Musicool said

    Untuk mengurangi pemanasan global, mari kita kurangi CO2, baik dari kendaraan bermotor, listrik, ataupun industri. Saya membaca satu poster di salah satu industri elektronik besar di Bekasi, bahwa “setiap penghematan listrik 1 KWh = pengurangan CO2 sebesar 0,712 Kg”, berarti setiap orang bisa ikut aktif dalam mengurangi pemanasan global, paling tidak dengan menghemat pemakaian listrik setiap bulannya.
    Dari manakah penghematan signifikan yang bisa kita dapat? Menurut penelitian yang dilakukan oleh salah satu BUMN di gedung2 komersial, pemakaian mesin pendinginlah (AC, chiller) yang paling besar memakai daya listrik, sekitar 60-70% dari seluruh tagihan listriknya.

  2. jemiro said

    Patut direnungi oleh kita bersama, sebuah kecerobahan dan keserakahan manusia membuat bumi ini menagis, bayangkan! karena keserakahan manusia akan sumber daya alam, hutan-hutan (khususnya di Indonesia) yang dahulu hijau kini gundul tak terurus! menyedihkan, sedangkan sebuah impact mucul, Pemanasan Global yang kini menderu-deru, mengancam! lalu apa tidakan kita??
    masih mau merusak!!??
    mari kita himbau teman-teman (khususnya diri kita sendiri) untk tidak menyakiti Alam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: